Cara Mengganti Template Blogger yang Benar

Cara Mengganti Template Blogger yang Benar

Template blogger / blogspot adalah kerangka tampilan keseluruhan blog yang dibuat menggunakan platform blogspot. Setiap pemilik pastinya ingin menampilkan tampilan blognya yang keren, mantap, responsive, user friendly, mobile friendly dll. 

Memang blogspot sendiri sudah menyediakan template gratis + sudah responsive. Namun, untuk tampilan template gratis dari blogspot masih terlalu kaku, masih banyak kekurangan disana-sini mengingat templatenya tidak pernah diupdate oleh blogspot itu sendiri.

Download Template Blogger Gratis / Premium

Untungnya saat ini sudah banyak template gratis dan premium hasil buatan pihak ke 3 yang bisa kita gunakan untuk menyulap tampilan blog kita menjadi keren. Nah, kalau anda sedang mencari template gratisan ataupun yang premium, anda bisa langsung ke blog afilasi saya : Myafshop (tersedia template gratis yang asli dari pengembangnya langsung & ada juga yang berbayar yang harus anda beli).

Nah kalau kalian sudah punya template blogger baik yang gratis ataupun premium, maka saatnya untuk memasangkan ke blogspot anda. Cara instalisasi template ada 3 cara (cara ketiga adalah yang cara yang paling saya rekomendasikan). Namun, sebelum itu, pastikan terlebih dahulu file templatenya sudah anda ekstrak zip menjadi folder biasa.

Pulihkan Template

Menu Pulihkan Tema

Ini adalah cara pertama mengubah tampilan blogger dan cara ini tidak saya rekomendasikan untuk anda yang menggunakan template baru atau template lain. Cara ini lebih cocok untuk anda yang menggunakan template yang sama namun dengan versi yang berbeda (contoh saat template ada pembaharuan). Oke langsung saja, berikut ini cara mengganti template dengan pulihkan template :

Step 1. Masuk pada menu tema

Step 2. Klik tombol panah bawah yang ada disamping tombol sesuaikan

Step 3. Klik Pulihkan

Step 4. Pilih Upload

Step 5. Silakan pilih file .xml pada folder yang telah anda ekstrak.

Mengapa cara ini tidak saya rekomendasikan untuk anda yang mengganti template baru? karena ada beberapa widget bawaan yang menempel pada template baru. Memang sih, anda hanya perlu menghapus satu satu widget yang tidak diperlukan, tapi menurut saya sangat membuang-buang waktu. 

Menghapus Semua HTML di Template Sebelumnya

Cara kedua adalah dengan menghapus semua kode html yang ada pada menu edit HTML. Cara ini adalah cara yang banyak direkomendasikan oleh panduan instalasi template. Namun, saya sering mengalami beberapa bug seperti Foto Gambar logo masih melekat pada template baru. Selain itu, Menunya kadang ada yang hilang khususnya untuk widget halaman.

Dengan menggunakan cara ini, anda akan memunculkan tampilan yang persis dengan demo template selain itu juga lebih rapi tanpa harus menghapus widget bawaan.

Menggunakan Template Blank Sebelum Copas HTML Template Baru

Cara ketiga ini adalah cara yang sering saya lakukan dan sangat saya rekomendasikan. Cara penggunaannya sama seperti cara kedua dengan menghapus kode HTML yang ada pada blogspot lama. Namun, sebelum anda copy paste html template yang baru, anda reset terlebih dahulu kode html template sebelumnya dengan template blank.

Template blank adalah template yang isinya hanya putih saja, tanpa css, tanpa javascript. Nah, bagi anda yang tidak punya script template blank, silakan copas code dibawah ini, lalu tempelkan pada edit html template blogger. 


<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html b:css='false' b:js='false' b:defaultwidgetversion='2' b:layoutsVersion='3'>
<b:attr name='xmlns' value=''/>
<b:attr name='xmlns:b' value=''/>
<b:attr name='xmlns:expr' value=''/>
<b:attr name='xmlns:data' value=''/>
<head>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:skin/>
</head>
<body>
<b:section id='1'/>
</body>
</html>

Setelah itu silakan tekan simpan dan lihatlah website anda sekarang sudah kosong, putih, mulus, bersih seperti bayi baru lahir. 

Setelah itu, silakan masuk kembali pada edit HTML template blogger, hapus semua template blank tersebut kemudian timpa dengan kode .xml pada template yang anda baru download / beli. 

Karena cara kedua dan ketiga hampir sama, silakan anda pilih salah satu (lebih rekomend cara ketiga). Sekian cara mengganti template blogger / blogspot yang benar, semoga bermanfaat bagi anda.